Tugas 2 Softskill Akuntansi International

Nama  : Ardy Eko P

NPM    : 21212051

Kelas   : 4EB23

 

LENOVO

 

  1. Sejarah
Jenis Publik
SEHK: 0992
Simbol saham OTCBB: LNVGY
Industri/jasa Sistem komputer
Periferal komputer
Perangkat lunak komputer
Didirikan 1984
Pendiri Liu Chuanzhi
Kantor pusat Morrisville, NC, Amerika Serikat
Beijing, Republik Rakyat Tiongkok
Singapura
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Yang Yuanqing
(Ketua dan CEO)
Produk Desktop
Server
Jinjing
Komputer tablet
Netbook
Periferal
Pencetak
Televisi
Pemindai
Penyimpanan data
Pendapatan AS$ 29,57 miliar (2012)[1]
Laba usaha ▲ AS$ 584 juta (2012)[1]
Laba bersih ▲ AS$ 472 juta (2012)[1]
Jumlah aset ▲ AS$ 15,86 miliar (2012)[1]
Jumlah ekuitas ▲ AS$ 2,361 miliar (2012)[1]
Karyawan 27.000 (2012)[1]
Situs web www.lenovo.com

 

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.Lenovo memiliki pusat riset utama di Yamato, Jepang; Beijing, Shanghai dan Shenzen, China; dan Raleigh, North Carolina, AS.

Lenovo merupakan perusahaan komputer yang ternama. Perusahaan ini bahkan dianggap sebagai produsen terbesar di Cina. Tahun 2013, perusahaan ini bahkan dianggap sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Beijing ini pada awalnya merupakan perusahaan kecil. Lantas bagaimana Lenovo bisa sebesar sekarang? Untuk mengetahuinya, simak Sejarah Lenovo dari mulai berdiri hingga sekarang memiliki nama besar. Tidak ketinggalan juga akan dipaparkan kisah sukses Lenovo mengakuisisi perusahaan besar. Perusahaan ini kemudian menjadi bahan pembicaraan internasional setelah sukses mengambil alih divisi komputer IBM, perusahaan terkemuka di Amerika. Dengan bergabungnya unit PC IBM di bawah Lenovo membuat perusahaan ini semakin dikenal, Lenovo pun kemudian mulai terdengar namanya sebagian produsen server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam terbaik. Perusahaan ini pun memiliki tujuan agar bisa dikenal sebagai produsen PC terbesar. Didirikannya markas kedua perusahaan ini Amerika membuat perusahaan ini semakin melebarkan sayapnya. Tahun 2005-2009, Lenovo mengalami masa yang cukup baik. Akuisisi dengan IBM, berpengaruh pada sektor penjualan komputer yang cukup meningkat.

Februari 2009, barangkali merupakan awal catatan sejarah Lenovo yang cukup suram. Perusahaan ini mengalami fase sulit  karena persaingan komputer yang sangat ketat saat itu. Perkembangan perangkat Mobile seperti tablet dan smarpthone yang semakin populer cukup berpengaruh pada penjualan laptop Lenovo. Namun, masa ini dilewati dengan mudah oleh Liu Chuanzi sebagai CEO Lenovo. Saat itu pun Liu Chuanzi melepas jabatannya sebagai CEO Lenovo. Tonggak kepemimpinan Lenovo pun dipegang oleh Yang Yuanqing. Membaiknya kondisi Lenovo dari masa sulit serta pergantian kepemimpinan merupakan langkah besar bagi masa depan Lenovo. Yang Yuangqing yang akan dicatat dalam sejarah Lenovo sebagai CEO kedua perusahaan tersebut membawa angin baru bagi perusahaan. Dia membuat perubahan dalam tubuh Lenovo sehingga Lenovo kembali berjaya. Hasilnya Lenovo mencatat pendapatan yang cukup baik. Bahkan pada tahun 2013, sejumlah lembaga riset semacam IDC (International Data Corporation) dan Gartner menyebutkan bahwa pangsa pasar Lenovo semakin meningkat mencapai 17,6. Hal inilah yang kemudian membuat Lenovo dianggap sebagai produsen terbesar di dunia untuk unit bisnis PC.

Lenovo memang dianggap sebagai perusahaan terbesar untuk unit PC, namun untuk pangsa pasar Mobile, perusahaan ini masih kalah. Perusahaan ini mencoba meningkatkan kualitas produk perangkat Mobile mereka. Salah satu strateginya yang cukup banyak menyita perhatian dunia adalah membeli Motorola Mobility, perusahaan terkemuka yang semenjak tahun 2012 dibeli Google.  Langkah ini dilakukan Lenovo pada awal tahun 2014. Pembelian Motorola Mobility dari Google ini merupakan langkah besar dari Lenovo untuk semakin memantapkan diri dalam menghadapi persaingan perangkat Mobile, terutama smartphone yang semakin ketat. Pembelian Motorola sendiri  merupakan catatan sejarah Lenovo terbesar kedua setelah sembilan tahun lalu mengakuisisi IBM.

  • Kekuatan

Lenovo Group berhasil beradaptasi dengan pasar dunia bahkan di luar lingkup pasar PC (komputer) dan menjadi salah satu perusahaan teknologi personal paling maju dalam era yang disebut Lenovo Group sendiri sebagai sebuah era “PC+”. Kapitalisasi pasar hampir mencapai jumlah dua kali lipat antara akhir tahun fiskal 2010/ 2011 dan 2011/2012 dari US$ 5,7 miliar hingga US$ 9,3 miliar meskipun ada kendala dalam pasar PC dunia yang tengah lesu. Para analis mengatakan jajaran produk Lenovo Group yang seimbang, dan kanal distribusi yang kuat dan kondisi keuangannya yang sehat dalam menyokong kegiatan bisnis menjadi faktor utama keberhasilan Lenovo Group bertengger di Hang Seng sebagai kekuatan bisnis utama sejak 4 Maret 2013.

Perusahaan tersebut melengkapi prestasi pertumbuhan organiknya dengan akuisisi untuk menuai keuntungan dan melakukan penetrasi ke pasar yang belum banyak dieksplorasi. Sejumlah kesepakatan bisnis di beberapa tahun terakhir termasuk akuisisi di Brasil (CCE) dan Jerman (Medion) dan sebuah perusahaan patungan (joint venture) dengan NEC Corporation dari Jepang. IDC mengatakan Lenovo merupakan pembuat “perangkat terhubung nan pintar” terbesar ketiga di dunia yang meliputi produk tablet PC, PC dan ponsel pintar. Masuknya Lenovo ke dalam pasar smartphone yang di dalamnya Lenovo telah menaikkan segmen pasar sebesar 45% dari total penduduk dunia, menekankan tekad perusahaan itu memenangkan persaingan dalam mobile internet dan pasar di negara-negara berkembang. Dengan mengujikan produk pertama di China sebelum peluncuran di belahan bumi lainnya, seharusnya menjadi keuntungan besar tersendiri untuk Lenovo dari siklus Windows 8 tahun ini. Hubungan dan mode transaksi digunakan untuk melakukan penetrasi perusahaan besar dan sektor konsumen/ UMKM.

 

  • Kelemahan

Dalam mencapai tujuan suatu perusahaan besar atau kecil tidak hanya memiliki kekuatan dalam mencapai tujuan yang diharapkan,namun sebuah perusahaan tentunya memeliki kelemahan baik dalam strategi maupun proses dalam mengimplementasikannya,sama halnya dengan perusahaan lenovo ini,seperti yang telah ditulis diatas mengenai kekuatan yang dimiliki sehingga produk lenovo cepat mengalami perkembangan,disisi lain juga terdapat kelemahan,antara lain perusahaan ini masih memiliki kesulitan untuk membuat nama produk dikenal sebagai barang berkualitas tinggi karena sejarah awal perusahaan yang berdiri dari negara china,karena pada saat ini pengguna masih menjadikan pertimbangan akan kualitas produk dengan negara asal pembuatan. Meskipun lenovo memiliki kelemahan dalam pengembangan produknya,namun manajemen lenovo tetap optimis akan keberhasilan mencapai tujuan yang diinginkan,terbukti meskipun dengan latar belakang seperti demikian,lenovo pada tahun ini menempati peringkat ke 2 dalam penjualan produk terbaik tingkat dunia, banyaknya perubahan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang telah lebih dahulu berhasil dalam bidangnya menjadi kekuatan yang akan membuat lenovo melangkah maju.

 

 

 

 

 

  1. Visi dan Misi

Visi

“YOUR TRULY VALUE & RELIABLE IT PARTNER”

Misi

  1. Kepercayaan Customers, Vendors, dan Staff adalah modal utama kami.
  2. Kami akan memberikan value terbaik untuk setiap pelanggan kami. Bukan hanya sekedar transaksi jual beli biasa.
  3. Kami akan memberikan Effort dan usaha terbaik serta kecepatan untuk bisa membantu dan menyelesaikan kebutuhan anda.
  4. Bagi kami, Partner adalah saling menguntungkan kedua belah pihak.
  5. Tanggung jawab adalah prioritas kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s